Analisis Sebaran dan Kerapatan Mangrove di Teluk Balikpapan Kecamatan Balikpapan Barat

Muhammad Rizky Pratama

Abstract


Pesisir memiliki nilai strategis karena merupakan wilayah peralihan antara ekosistem darat dan laut yang memiliki sifat dan ciri yang unik, dan mengandung produksi biologi cukup besar serta jasa-jasa lingkungan. Wilayah pesisir merupakan ekosistem transisi yang dipengaruhi daratan dan lautan, yang mencakup beberapa ekosistem, salah satunya adalah ekosistem hutan mangrove [1] . Salah satu wilayah pesisir Indonesia yang ditumbuhi mangrove adalah Kawasan Teluk Balikpapan. Mangrove di Teluk Balikpapan termasuk kawasan mangrove yang terletak di bagian selatan Tanjung Mangkalihat.  Pada kawasan tersebut, mangrove mempunyai peranan sebagai tempat budidaya perikanan setempat dan merupakan habitat berbagai keanekaragaman hayati seperti bekantan (Nasalis larvatus) dan jenis lain yang memiliki potensi secara ekologis maupun ekonomis [4]. Penelitian ini bertujuan mendeteksi sebaran hutan mangrove dan kerapatannya. Untuk melihat kondisi terkini mengenai sebaran hutan  mangrove di Teluk Balikpapan perlu dilakukan penelitian dengan menggunakan data terbaru. Data terbaru didapatkan melalui interpretasi citra satelit menggunakan landsat 8.  Untuk melihat kerapatan mangrove menggunakan perhitungan NDVI. Hasil menunjukan sebaran mangrove pada bagian hilir Sungai Wain dan bagian barat Kecamatan Balikpapan Barat. Terjadi penurunan luasan mangrove seluas 730 Ha jika dibandingan dengan luas mangrove di RTRW Kota Balikpapan 2012-2032. Sementara itu, tingkat kerapatan jarang mendominasi distribusi hutan mangrove di Teluk Balikpapan 64,37%; dan kerapatan sedang 35,63%.


Full Text:

PDF

References


. Begen, D.G. 2002. Pengenalan dan Pengolahan Ekosistem Mangrove. Pusat Kajian Sumberdaya Pesisir dan Lautan.IPB

. Dhyah Wulandari. 2013. Identifikasi Sebaran Dan Tingkat Kesuburan Mangrove Melalui Pemantauan Indeks Vegetasi Dari Satelit Landsat 7.0 Etm+ Menggunakan Fuzzy Logic.

. Departemen Kehutanan. 2003. Buku Panduan Rehabilitasi Lahan dan Perhutanan Sosial. Penerbit Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan Departemen Kehutanan. Jakarta.

. Proyek Pesisir Kalimantan Timur.2002. Rencana Strategis Pengeloaan Terpadu Teluk Balikpapan. Kerjasama pemerintah provinsi Kalimantan Timur, Pemerintah Kota Balikpapan, Pemerintah Kabupaten Pasir, Pemerintah Kabupaten PPU, dengan Proyek Pesisir Kalimantan Timur. Indoensia

. Purwadhi, S. H. 2001. Interpretasi Citra Digital. Jakarta : Grasindo.

. RTRW Kota Balikpapan Tahun 2012-2032

. Sudiana, Dodi dan Diasmara, Elfa. 2008. Analisis Indeks Vegetasi menggunakan Data Satelit NOAA/AVHRR dan TERRA/AQUA-MODIS. Depok: Universitas Indonesia (UI).

. Tarigan, M.S. 2008. Sebaran dan Luas Hutan Mangrove di Wilayah Pesisir Teluk Pising Utara Pulau Kabaena Provinsi Sulawesi Tenggara. Makara, Sains, VOL. 12, NO. 2, November 2008, hlm. 108-112


Refbacks

  • There are currently no refbacks.