Penerapan Konsep Kurikulum Hijau dan Kimia Hijau dalam Desain Praktikum dan Pengolahan Limbah Laboratorium Kimia

Authors

  • Soerjani Widyastuti Brawijaya University
  • Nur Yusrina Brawijaya University
  • Sasti Gona Fadhilah Brawijaya University
  • Mohammad Misbah Khunur Brawijaya University

DOI:

https://doi.org/10.21776/ub.igtj.2022.011.01.03

Abstract

Desain praktikum yang ramah lingkungan dan pengolahan limbah laboratorium kimia di perguruan tinggi perlu diperhatikan untuk mengurangi potensi pencemaran di area kampus maupun lingkungan sekitarnya. Hal ini juga media pembelajaran yang baik bagi mahasiswa dalam memadukan konsep kurikulum hijau dan kimia hijau. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan konsep kurikulum hijau dan kimia hijau dalam desain praktikum dan pengolahan limbah laboratorium kimia, dengan sampel yaitu Praktikum Kimia Dasar di Fakultas MIPA Universitas Brawijaya 2019-2020. Penelitian ini terbagi dalam beberapa tahapan, yaitu: (1) desain model praktikum, (2) pelaksanaan dan observasi praktikum, (3) pengolahan limbah praktikum, dan (4) evaluasi dan analisa data. Berdasarkan hasil evaluasi, konsep kurikulum hijau yang dipadukan dengan konsep kimia hijau di Praktikum Kimia Dasar dapat diterapkan dengan memperhatikan capaian pembelajaran. Tingkat capaian pembelajaran yang masih dalam level dasar (dari segi alat dan bahan kimia yang digunakan), kemudahan dalam substitusi bahan kimia, dan banyaknya pilihan jenis percobaan merupakan alasan utama dalam fisibiltas penerapan konsep ini. Penerapan konsep hijau ini juga dapat mengurangi jumlah dan toksisitas limbah laboratorium, mengurangi biaya bahan kimia yang digunakan dalam praktikum serta dalam pengolahan limbah cair di laboratorium.

Kata kunci: kurikulum hijau, kimia hijau, limbah cair, pengelolaan limbah, praktikum.

Author Biographies

Soerjani Widyastuti, Brawijaya University

Pelaksana Laboratorium Pendidikan (PLP)

Nur Yusrina, Brawijaya University

Pelaksana Laboratorium Pendidikan (PLP)

Sasti Gona Fadhilah, Brawijaya University

Mahasiswa Sarjana Kimia

Mohammad Misbah Khunur, Brawijaya University

Assoc. Professor.

Lab. of Inorganic Chemistry

References

Abdullah, T. & Retnowati, R. (2017). Implementasi Kebijakan Dan Kurikulum Berbasis Lingkungan dalam Mewujudkan Sekolah Berbudaya Lingkungan Studi Kasus Di SMK Negeri 3 Kota Sukabumi. Jurnal Pendidikan Lingkungan Hidup, 5(2), 11–17.

Waluyo, E. & Kardoyo. (2013). Green curriculum: Sustainable learning in higher education. The International Review of Research in Open and Distributed Learning, 14(1), 1627–1630.

Chakraborty, A., Singh, M. P. & Roy, M. (2018). Green Curriculum Analysis in Technological Education. International Journal of Progressive Education, 14(1), 122–129.

Audina, M. (2017). Pengolahan Limbah Cair Laboratorium Teknik Lingkungan Dengan Koagulasi Dan Adsorpsi Untuk Menurunkan Cod, Fe, Dan Pb. Jurnal Teknologi Lingkungan Lahan Basah, 5(1), 1–10.

Raimon. (2011). Pengolahan Air Limbah Laboratorium Terpadu dengan Sistem Kontinyu. Jurnal Dinamika Penelitian Industri, 22(2), 18–27.

Pabbenteng, & Alwina, E. (2020). Desain Reaktor Pengolahan Limbah Cair Laboratorium. Jurnal Pengendalian Pencemaran Lingkungan, 2(1), 15–21.

Ramadhani, S. P. (2020). Pengelolaan Laboratorium (Panduan Para Pengajar dan Inovator Pendidikan) (1st ed.). Depok: Yiesa Rich Foundation.

Sumarwanto, P. & Hartati, Y. (2018). Penanganan Air Limbah Cucian Alat Gelas Laboratorium dengan Metode Spektrofotometri Menggunakan Pereaksi Biru Metilen. Indonesian Journal of Laboratory, 1(1), 11–15.

Fakhrudin, Nurdiana, J. & Wijayanti, D. W. (2017). (Mangan) Pada Limbah Cair Laboratorium Teknologi Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Mulawarman Samarinda Dengan Menggunakan Metode Elektrolisis. Prosiding Seminar Nasional Teknologi IV, 6.

Sulman, L. & Irawan, J. (2016). Pengelolaan Limbah Kimia Di Laboratorium Kimia PMIPA FKIP Universitas Mataram. Jurnal Pijar Mipa, 11(2), 135–141.

Malayadi, A. F. (2017). Karakteristik dan Sistem Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun Laboratorium Universitas Hasanuddin Kota Makassar. Hasanuddin, Makasar.

Sulistyanti, D., Antoniker, A. & Nasrokhah, N. (2018). Penerapan Metode Filtrasi dan Adsorpsi pada Pengolahan Limbah Laboratorium. EduChemia (Jurnal Kimia dan Pendidikan), 3(2), 147–156.

Eliyarti & Rahayu, C. (2019). Deskripsi Efektivitas Kegiatan Praktikum Dalam Perkuliahan Kimia Dasar Mahasiswa Teknik. Edu Sains : Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 7(2), 51–60.

Putney, D., Morris, R. C. & Sargent, P. R. (2016). Developing Green Curriculum towards Sustainable Education. International Journal of Technology and Educational Marketing, 6(1), 34–51.

Downloads

Published

02-06-2022

Issue

Section

Articles