Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for The Indonesian Green Technology Journal?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

JENIS NASKAH, Naskah yang diterima adalah artikel yang belum pernah dipublikasikan sebelumnya. Naskah dapat berupa jurnal laporan hasil penelitian atau artikel review. Naskah ditulis mempergunakan Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris.

BAGIAN NASKAH

  • Judul makalah
  • Nama lengkap penulis (tidak disingkat, tanpa gelar)
  • Afiliasi penulis (instansi tempat penulis bekerja dan alamat korespondensi)
  • Abstrak dan Kata kunci (Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris)
  • Pendahuluan
  • Metode Penelitian
  • Hasil dan Pembahasan
  • Kesimpulan
  • Ucapan terimakasih (bila ada)
  • Daftar Pustaka
  • Tabel
  • Gambar dan legenda gambar
  • Lampiran

KODE ETIK PENELITIAN, Penelitian yang mempergunakan probandus hewan, manusia, dan uji coba klinik harus telah memperoleh sertifikat laik etik dari lembaga yang berwenang

FORMAT, Naskah diketik dengan program Microsoft Word (doc.) atau Rich Text Format (rtf). pada kertas A4 (21 cm x 29,5 cm) dengan jarak antar baris satu spasi. Batas pengetikan dari tepi kertas diatur tepi atas 3 cm, tepi bawah 3 cm, tepi kiri 3 cm, tepi kanan 2,5 cm. Naskah diketik dengan jenis huruf Calibri dengan spesifikasi ukuran huruf sebagai berikut Judul naskah ukuran huruf  14 point, Nama penulis ukuran huruf 12 point, keterangan penulis, abstrak dan kata kunci ukuran huruf  10 point, Isi naskah ukuran huruf  10 point. Keterangan gambar dan tabel ukuran huruf  9 point, Daftar pustaka ukuran huruf  10 point. Format penulisan IGTJ mempergunakan dua kolom (67 karakter), kecuali bagian judul dan abstrak ditulis dalam format satu kolom. Naskah setiap halaman diberi nomor secara berurutan, maksimum 10 halaman termasuk tabel dan gambar

JUDUL

Judul dicetak tebal (bold) dengan huruf kapital pada setiap awal kata, kecuali kata sambung. Judul maksimum terdiri dari 12 kata (tanpa kata sambung). Naskah dalam Bahasa Indonesia harus disertai judul dalam Bahasa Inggris yang ditulis miring (Italic). Judul Bahasa Inggris ditulis setelah judul Bahasa Indonesia sebelum nama penulis.

Nama penulis ditulis lengkap, tanpa gelar, alamat lembaga afiliasi penulis. Beri tanda * untuk alamat korespondensi. Alamat untuk kores-pondensi dilengkapi dengan kode pos, faksimile atau nomor telepon, dan e-mail, ditulis pada bagian bawah halaman pertama (footnote).

Contoh penulisan judul dan Nama penulis:

Pengaruh Terapi Lidah Buaya terhadap Kadar IL-1β Mencit (Mus musculus BALB-C) Betina

Ghaisan Ramadhan1*, Irfan Hakim2, Setyawati3

1Program Pascasarjana, Universitas Brawijaya

2,3Jurusan Biologi FMIPA Universitas Brawijaya

ABSTRAK DAN KATA KUNCI

Abstrak memuat tujuan penelitian, metode penelitian dan hasil penelitian yang disusun dalam satu paragraf dengan format esei bukan enumeratif. Tidak ada kutipan pustaka di dalam abstrak. Abstrak ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, satu paragraf, maksimum 200 kata. Kata kunci ditulis setelah abstrak.

TEKS

Awal paragraf dimulai 5 indent dari sisi kiri naskah. Penulisan sub judul (PENDAHULUAN, METODE PENELITIAN, HASIL DAN PEMBAHASAN, KESIMPULAN, UCAPAN TERIMA KASIH dan DAFTAR PUSTAKA) ditulis di bagian kiri naskah  dengan huruf kapital dan tidak menggunakan nomor. Sub-sub judul ditulis di kiri halaman dengan cetak miring (italic) dan huruf kapital di setiap awal kata.

Penggunaan kalimat dan bahasa yang dipergunakan dalam jurnal harus menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai dengan kaidah yang berlaku dalam tata bahasa (EYD). Nama organisme harus diikuti dengan nama ilmiahnya secara lengkap pada pengungkapan pertama. Nama ilmiah ditulis miring, sedangkan nama penulis dari nama ilmiah dan kata seperti “var.” ditulis tegak. Contoh: Stellaria saxatillis Buch. Ham. Singkatan pertama kali ditulis dalam kurung setelah kata-kata yang disingkatnya.

Penulisan satuan menggunakan Standar Internasional (SI). Exponen negatif digunakan untuk menyatakan satuan penyebut. Contoh:      g l-1, bukan g/l. Satuan ditulis menggunakan spasi setelah angka, kecuali untuk menyatakan persen. Contoh: 25 g l-1, bukan 25gl-1; 35% bukan 35 %. Penulisan desimal menggunakan koma (bukan titik). Seluruh tabel dan gambar harus dirujuk dalam teks.

DAFTAR PUSTAKA

Ketentuan pustaka yang dipergunakan adalah:

  1. Sumber pustaka primer terdiri atas jurnal, paten, disertasi, tesis, makalah dalam prosiding dan buku teks.
  2. Membatasi pustaka yang mengacu pada diri sendiri (self citation)
  3. Sebaiknya dihindari penggunaan pustaka di dalam pustaka, buku populer, dan pustaka dari internet kecuali jurnal dan dari instansi pemerintah atau swasta
  4. Abstrak tidak diperbolehkan sebagai rujukan
  5. Referensi yang bisa dipergunakan hanya referensi yang telah dipublikasikan (buku, jurnal penelitian atau prosiding penelitian). Referensi yang tidak dipublikasikan atau data tidak ditampilkan tidak bisa dipergunakan sebagai referensi dalam penulisan jurnal
  6. Daftar Pustaka ditulis berupa daftar (format nomor 1,2,3,…), disusun berdasar  urutan pemuatan referensi pada naskah (sistem Vancouver atau author-number style)
  7. Keterangan daftar pustaka pada naskah hanya ditulis nomor referensi (bukan nama pengarang dan tahun), contoh:

Obesitas merupakan penimbunan lemak dalam jumlah besar yang akan menimbulkan berat tubuh yang berlebihan (overweight) [1]. Obesitas merupakan faktor resiko terjadinya diabetes, hipertensi dan aterosklerosis [2].

Beberapa contoh penulisan daftar pustaka adalah:

Referensi berupa jurnal

[1]  Shi, Z., M. Rifa’i, Y. Lee, K. Isobe, H. Suzuki. 2007. Importance of CD80/CD86-CD28 interaction in the recognation of target cells by CD8+CD122+ regulatory T cells. Journal Immunology. 124. 1:121-128.

Referensi berupa buku

[2]  Vander, A., J. Sherman., D. Luciano. 2001. Human Physiology: The Mecanisms of Body Function. McGraw-Hill Higher Education. New York.

Referensi berupa bab dalam buku

[3]  Dean, R.G. 1990. Freak waves: A possible explanation. p. 1-65. In Torum, A., O.T. Gudmestad (eds). Water wave kinetics. CRC Press. New York.

Referensi berupa artikel di prosiding

[4]    Syafi’i, M., Hakim, L., dan Yanuwiyadi, B. 2010. Analisis Potensi Indigenous Knowledge (IK) Desa Ngadas Sebagai Atraksi Wisata. hal.217-234. Dalam Widodo, Y. Noviantari (eds) Prosiding Basic Science National Seminar 7Vol.4. Universitas Brawijaya, Malang.

Referensi berupa disertasi atau tesis

[5]    Astuti, A.M. 2008. Pengaruh Fraksi Air Tanaman Tepung Otot (Stellaria sp.) terhadap Kadar TNF-α Mencit (Mus musculus BALB-C). Tesis. Jurusan Biologi. Universitas Brawijaya. Malang

TABEL

Tabel selain ditulis di dalam naskah, hendaknya juga ditulis dalam format tabel dari Microsoft Excel (xls.) dan dimasukkan dalam file terpisah dari teks. Tabel berukuran maksimal 8 cm (satu kolom) dan 17 cm (dua kolom). Tabel dilampirkan pada lembar terpisah setelah daftar pustaka

Penomeran tabel adalah berurutan. Judul tabel ditulis singkat namun jelas pada bagian atas tabel. Judul dan kepala tabel menggunakan huruf kapital pada awal kalimat. Garis vertikal tidak boleh digunakan. Catatan kaki menggunakan angka dengan kurung tutup dan diketik superscript. Tanda (*) atau (**) digunakan untuk menunjukkan tingkat nyata berturut-turut pada taraf 95 dan 99%.

Gambar, Gambar, gambar yang ditampilkan dalam naskah harus jelas, memiliki resolusi tinggi dan kontras yang baik dalam format JPEG atau PDF dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Monochrome image (line art), yaitu gambar berupa diagram dengan warna hitam putih (solid/tanpa ada warna abu-abu), harus memiliki resolusi 1000-1200 dpi (dot per inch).
  • Combination Halftone, contohnya adalah gabungan antara gambar dan teks (gambar yang mengandung teks) dan grafik yang berwarna atau dalam format grayscale. Gambar jenis ini  harus memiliki resolusi 600-900 dpi.
  • Halftone, yang termasuk kelompok ini adalah gambar berwarna atau dalam format grayscale tanpa teks. Gambar jenis ini harus memiliki resolusi 300 dpi.
  • Gambar hitam putih harus dibuat dalam mode grayscale, sedangkan gambar berwarna dalam mode RGB.
  • Gambar dibuat berukuran lebar maksimal 8 cm (satu kolom), 12.5 cm (satu setengah kolom) atau 17 cm (dua kolom).
  • Judul gambar ditulis dengan jelas pada bagian bawah gambar.
  • Gambar dengan garis penunjuk (jika ada) hendaknya disatukan (grouping).
  • Gambar dianjurkan hitam putih, apabila ingin mencantumkan gambar berwarna, biaya cetak dibebankan kepada penulis.
  • Legenda atau keterangan gambar harus jelas dan lengkap. Jika gambar diperkecil maka semua tulisan harus tetap dapat terbaca.
  • Grafik statistik disertai dengan file data sumbernya untuk memudahkan editing.
  • Gambar akan dipublikasikan pada jurnal harus diberi keterangan jelas dan apabila gambar diperoleh dari pihak ketiga harus mendapat ijin dari pemilik gambar (copyright holder baik dari gambar yang diperoleh secara online atu secara langsung

Prosedur Publikasi, Penulis wajib mengisi form pernyataan bahwa naskah belum pernah atau tidak sedang diajukan untuk dipublikasikan di jurnal lain. Seluruh naskah yang diterima akan dikirimkan ke Dewan Editor untuk dinilai. Dewan Editor berhak meminta penulis untuk melakukan perbaikan sebelum naskah dikirim ke penelaah. Editor juga berhak menolak naskah jika naskah tidak sesuai dengan format yang telah ditentukan. Naskah selanjutnya ditelaah oleh penelaah (reviewer) yang ahli pada bidang yang bersangkutan. Dewan editor akan menentukan naskah yang dapat diterbitkan berdasarkan hasil penelaahan.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Copyright Notice

Authors who publish with this journal agree to the following terms:


  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.

  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.

  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.