Penggunaan Model Pembelajaran ICARE di Materi Termodinamika dalam Upaya Mendukung Pengenalan Teknologi Hijau: Studi kasus di SMA Negeri 2 Pulau Punjung Kota Dharmasraya
Abstract
Konsep termodinamika dapat berperan dalam meningkatkan bakat dan minat siswa untuk mempelajari sains di sekolah. Dengan memahami konsep termodinamika, siswa juga diharapkan dapat memahami pengembangan teknologi hijau di sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fisika dengan topik Termodinamika dengan menerapkan model pembelajaran ICARE (Introduction, Connection, Application, Reflection, Extention) dan mempelajari respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran ICARE tersebut. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas XI-MIPA1 SMA Negeri 2 Pulau Punjung tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 22 orang siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan statistik deskriptif, dengan desain penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari 2 siklus, data yang dikumpulkan adalah hasil belajar dan respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran ICARE. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes kognitif sedangkan data respon siswa dikumpulkan dengan lembar angket. Hasil penelitian menunjukkan ketuntasan klasikal siswa yang diperoleh pada siklus I sebesar 4,54%, sedangkan siklus II sebesar 90,90%. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebanyak 86,36%. Rata-rata respon siswa terhadap terhadap penerapan model pembelajaran ICARE tergolong positif dengan nilai 70,1. Berdasarkan pengujian hipotesis didapat nilai thitung (10,167) > ttabel (2,088), yang menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran ICARE berpengaruh positif terhadap hasil belajar materi termodinamika siswa di SMAN 2 Pulau Punjung.Downloads
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- Once submitted, it is the corresponding author's responsibility to confirm and warrant the name included as an author of the work is true (shadow author is unacceptable) and that no conflict of interest occurred among the authors.