Penggunaan Model Pembelajaran ICARE di Materi Termodinamika dalam Upaya Mendukung Pengenalan Teknologi Hijau: Studi kasus di SMA Negeri 2 Pulau Punjung Kota Dharmasraya

Musri Musri

Abstract


Konsep termodinamika dapat berperan dalam meningkatkan bakat dan minat siswa untuk mempelajari sains di sekolah. Dengan memahami konsep termodinamika, siswa juga diharapkan dapat memahami pengembangan teknologi hijau di sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fisika dengan topik Termodinamika dengan menerapkan model pembelajaran ICARE (Introduction, Connection, Application, Reflection, Extention) dan mempelajari respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran ICARE tersebut. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas XI-MIPA1 SMA Negeri 2 Pulau Punjung tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 22 orang siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan statistik deskriptif, dengan desain penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari 2 siklus, data yang dikumpulkan adalah hasil belajar dan respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran ICARE. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes kognitif sedangkan data respon siswa dikumpulkan dengan lembar angket. Hasil penelitian menunjukkan ketuntasan klasikal siswa yang diperoleh pada siklus I sebesar 4,54%, sedangkan siklus II sebesar 90,90%. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebanyak 86,36%. Rata-rata respon siswa terhadap terhadap penerapan model pembelajaran ICARE tergolong positif dengan nilai 70,1. Berdasarkan pengujian hipotesis didapat nilai thitung (10,167) > ttabel (2,088), yang menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran ICARE berpengaruh positif terhadap hasil belajar materi termodinamika siswa di SMAN 2 Pulau Punjung.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.